Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Komodo


Komodo, atau bisa disebut juga sebagai biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.Penduduk asli pulau Komodo juga biasa menyebut komodo dengan nama Ora. 
          
Komodo ini Termasuk anggota biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil.  Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.
                 
Komodo mempunyai ekor yg sama panjang dengan tubuhnya, serta kurang lebih 60 buah gigi yg bergerigi tajam dengan panjang kurang lebih 2. 5 cm, yg sering diganti. Air liur komodo kerapkali bercampur sedikit darah dikarenakan nyaris semuanya giginya dilapisi jaringan gingiva serta jaringan ini tercabik sepanjang makan. Keadaan ini menciptakan lingkungan perkembangan yg ideal utk bakteri mematikan yg hidup di mulut mereka.
         
Komodo mempunyai lidah yang panjang, berwarna kuning serta bercabang. Komodo jantan lebih besar dari pada komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap hingga merah batu bata, sesaat komodo betina memiliki warna lebih hijau dari buah zaitun, serta mempunyai potongan kecil kuning yang ada pada tenggorokannya. Komodo yang muda lebih berwarna, dengan warna kuning, hijau serta putih pada latar belakang hitam.
         
Komodo tidak mempunyai indera pendengaran, walau mempunyai lubang telinga. Biawak ini dapat memandang sampai sejauh 300 m, tetapi dikarenakan retinanya cuma mempunyai sel kerucut, hewan ini tidak bisa melihat dengan jelas di dalam kegelapan malam. Komodo dapat membedakan warna tetapi tak seberapa dapat membedakan objek yang tidak bergerak.

Di alam bebas, komodo dewasa umumnya mempunyai berat lebih kurang 70 kilogram, tetapi komodo yg dipelihara di penangkaran kerap mempunyai bobot tubuh yg semakin besar. Spesimen liar terbesar yg dulu ada mempunyai panjang sebesar 3. 13 mtr. serta berat lebih kurang 166 kilogram, terhitung berat makanan yg belum dicerna didalam perutnya.


Komodo pertama kali ditemukan oleh peneliti barat pada tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.
Load disqus comments

0 komentar