Dengan menyebut nama
Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji
syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan
inayah-Nya kepada kami. Tak lupa sholawat dan salam semoga senantiasa
tercurahkan kepada junjungan besar nabi kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang
telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama Islam yang
sempurna dan menjadi anugerah serta rahmat bagi seluruh alam semesta.
Makalah agama ini telah
saya susun dengan sedemikian mungkin dan mendapatkan bantuan dari berbagai
pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu saya
menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi
dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu,
saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan
kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka penulis
menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar saya dapat memperbaiki
makalah agama ini.
Demikian yang dapat saya
sampaikan, apabila ada beberapa kesalahan dalam penggunaan kata saya mohon
maaf. Akhir kata saya berharap semoga makalah agama tentang Pengaruh
Islam Pada Masa Modern (1800 – Sekarang) ini dapat memberikan manfaat
maupun inpirasi terhadap semua pembaca.
DAFTAR ISI
BAB I :
Pendahuluan………………………………………………………………….
BAB II :
Pembahasan………………………………………………………………….
- Perkembangan islam pada masa modern……………………..............
- Contoh perkembangan islam pada masa modern……………............
- Perkembangan agama,politik,ekonomi,teknologi,seni dan
budaya….
BAB III :
Kesimpulan & Penutup……………………………………………………………………….
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Islam telah ada sejak zaman kenabian .sejak itu Islam terus berkembang hingga saat ini. Namun, perkembangan islam tidak semudah apa yang kita lihat,saat ini ,ajaran islam mengalami mundur hingga akhirnya berjaya hingga saat ini.
periode setelah 1800 masehi dikatakan sebagai islam modern ,termasuk di dalamnya saat ini.
Dimasa ini banyak perkembangan dalam
kehidupan islam, peliputi pendidikan, politik,perdagangan dan kebudayaan
.dan seluruh perkembangan islam dirangkum dalam
sejarah islam tersebut sejarah
islam tersebut terbagai menjadi 3
periode,yakni pertama disebut dengan periodeklasik(650-1250M).periode
kedua disebut periode
pertengahan (1250-1800M).periode ke tiga adalah periode modern (1800-sekarang).
Periode pertama yakni periode klasik(650-1250M)islam mengalami masa keemasanatau masa kejayaan .dengan di buktikan adanya luasnya wilayah kekuasaan islam,adanya intergrasi antar wilayah islam dan adanya puncak kemajuan islam di bidang ilmu dan sains .Namun sekitar tahun 1000-1250M keutuhan umat islam di bidang politik pecah ,kekuasaan khalifah menurun akhirnta tahun1251M dapat dikuasai dan di hancur kan Hulagu Khan.
Periode ke dua yakni periode pertengahan(1250-1800M).pada periode pertengahan terbagi menjadi dua fase,pertama ,fase kemunduran(1250-1500M) zaman ini desentralisasikan dan disintegrasi semakin meningkat.Banyak wilayah yang memisahkan diri dari kekuasaan pusat. Kedua Fase 3 kerajaanbesar(1500-1800M). dimulai zaman kemajuan (1500-1700M) dengan tiga Negara ,yaitu kerajaan usmanidi Turkikerajaan syafawi di Persia, dan kerajaan mughaldi india yang Berjaya di bidang literature dan arsitektur.
Periode ke tiga yakni periode modern (1800m sekarang ). Periode ini di sebut juga periode pembaharuan karena merupakan zaman kebangkitan dan kesadaran umat islam terhadap kelemahan dirinya dan adanya untuk memperoleh kemajuan dalam berbagai bidang ,terutama dalam bidang pengetahuan danteknologi .pada bab ini kita hanya akan terfokus membahas mengenai periode Modern(1800-sekarang).
BAB II
PEMBAHASAN
A. PERKEMBANGAN ISLAM
PADA MASA MODERN
Dengan adanya
penyimpangan-penyimpangan tersebut mendorong munculnya para penggagas dan pembaharu Muslim yang berusaha
menyadarkan terhadap penyimpangan
penyimpangan yang telah di lakukan agar
kembali jalan yang di ridhoi allah SWT.
Tokoh-tokoh tersebut antara lain :
1. Muhammad bin Abdul Wahap
Beliau lahir di Nejd(arab Saudi) pada tahun1115H(1703M) dan
wafat di Daryah tahun 1201H(1787M) beliau seorang ulama besar yang froduktif
terbukti dengan karangan bukunta tentang
islam .Diantaranya bukunya berjudul “kitab at tauhid “.
2. Rifa’ah Badawi Rafi At Tahtawi atau At Tahw
Lahir di Tahta tahub1801.pemikirannya tentang ajaran islam
adalah antara lain menyeru kepada umat islam agar hidup di dunia tidak hanya
memikirkan kehidupan akhirat saja ,tetapi harus juga memikirkan kehidupan dunia
,agar umat islam tidak dijajah oleh bangsa lain
3. Jamaludin Al Afghani
Lahir di Afganistan tahun 1839M. Wafat di istambul Turki
tahun1897M.pembaharuan pemikiran yang di munculkan ,antara lain mengajak umat
islam kembali kepada ajaran yang murni, mengajak para
kaum wanita untuk biSa meraih kemajuan dan bekerja sama dengan kaum
laki-laki, kepemimpinan otokrasi dirubah menjadiDemokrasi,Artinya islam
menghendaki pemerintahan republic yang di dalam nya terdapat kebebasan mengemukakan pendapat dan
Negara wajib tunduk kepada undang-undang
,dan Plan Islamisme yaitu persatuan dan
kesatuan umat islam harus ada karena hal tersebut di atas segalanya.
B. CONTOH PERKEMBANGAN
ISLAM PADA MASA MODERN
1.Ilmu pengetahuan di
india
Ide pembaharuan di india
dan Pakistan pertamakali di
cetuskan oleh syekh Waliyulloh pada abad ke 18 .kemudian di teruskan oleh
anaknya syekh Abdul Aziz (1746-1823)dan
di kembangkan oleh syekh Waliyulloh dan Sayid Ahmad Syahid.
2.Ilmu pengetahuan di mesir
Pembaharuan di mesir di ilhami dari pembaharuan yang
dilakukan Sayid Jamaludin al Afghani di Turkisehingga muncul tokoh-tokoh pembaharu di mesir seperti Muh.Abduh
,Muh.Rasyid Ridha , Tooha Husein ,san
yusuf Al qardawi.
3.Ilmu pengetahuan di turki
Sultan Mahmud II dari kesultanan turki (1785-1839) mengadakan
pembaharuan ,antara lain memasukan kurikulum
ilmu pengetahuan ke dalam lembaga
pendidikan islam ,mendirikan lembaga pendidikan “maktebi ma’arif”. Di samping
itu ,sultan Mahmud IImendirikan perguruan-perguruan tinggi di bidang kedokteran,militer,dan teknologi.
4.Perkembangan di bidang budaya
kebudayaan adalah hasil cipta
dan karsa dari manusia untuk manusia itu sendiri dari masa ke masa kebudayaan semakin berkembang . termasuk
didalamnya perkembangan budaya
islam yang meliputi arsitektur,sastra
,dan kaligrafi .
Masa moderen dalam sejarah islam di katagorikan bermula dari
tahun 1800 M dan berlangsung pada masa sekarang yang di tandai dengan gerakan
pembaruan dalam berbagai bidang. Saat islam mengalami kemunduran, bangsa Eropa
justru mengalami kemajuan luar biasa dalam lapangan kebudayaan, ekonomi, ilmu
pengetahuan, dan teknologi, Oleh karena itu, pada periode ini kondisi dunia
islam berada di bawah pengaruh kolonialisme dan imperialisme Eropa tersebut.
Dalam perjalanan sejarah, baru pada pertengahan abad 20M,
dunia islam bangkit memerdekakan negrinya dari penjajahan. Periode ini memang
merupakan zaman kebangkitan kembali islam setelah mengalami kemundururan di periode
pertengahan. Adapun inspirasi kebangkitan di mulai pada saat Napoleon Bonaparte
menduduki Mesir di tahun 1798M. Meskipun penduduk tersebut tidak berlangsung
lama, tetapi hal itu meninggalkan kesan yang mendalam pada diri umat islam
tentang kemajuan Eropa dan ketertinggalan peradaban kaum muslim. Kesadaran ino
lah yang kemudian berubah menjadi berubah menjadi sebuah upaya dan agenda besar
umat islam di abad moderen ini guna melakukan pembaruan dan modernisasi.
C. PERKEMBANGAN
AGAMA,POLITIK,EKONOMI,TEKNOLOGI,SENI DAN BUDAYA
1. Perkembangan Agama
Masa moderen ini memberi landasan intelektual bagi pembaruan
di berbagai bidang, termasuk dalam bidang Agama. Dalam istilah Arab, pembaruan
di kenal dengan nama Tajdid. Adapun secara istilah, Tajdid di formulasikan
sebagai upaya dan aktivitas untuk mengubah kehidupan umat islamdari keadaan
yang sedang berlangsung kepada keadaan yang hendak di wujudkan demi upaya
kesejahteraan, baik di dunia maupun di akhirat, di kehendaki oleh islam. Kata
pembaharuan islam mempunyai makna”modernisasi”, yaitu ajaran islam yang
bersifat relatif dan terbuka untuk perubahan serta pembaruan.
Islam adalah agama yang memberi kebebasan kepa umatnya untuk
mengekspresikan diri asalkan sesuai dengan kaidah ajaran islam Dan sejalan
dengan tujuan penciptanya, yakni untuk beribadah kepada Allah SWT. Perjalanan
sejarah umat islam telah membuktikan bahwa setiap saat ada umat yang senantiasa
berposisi sebagai pemberi motivasi atau pembaru bagi masyarakat.
Salah satu pelopor pembaru dalam dunia islam Arab adalah satu aliran yang bernama Wahabiah yang sangat berpengaruh di abad ke-19. Pelopornyo adalah Muhammad bin Abdul Wahab (1703-1787M) yang berasal dari Nejed, Saudi Arabia. Pemikiran yang dikemukakan oleh Muhammad bin Abdul Wahab adalah upaya untuk memperbaiki kedudukan umat islam dan merupakan reaksi terhadap paham tauhid yang terdapat di kalangan umat islam saat itu. Paham tauhid mereka telah tercampur aduk oleh ajaran tarikan yang sejak abad ke-13 tersebar luas di dunia.
Di setiap negara islam yang dikunjunginya, Muhammad bin Abdul Wahab melihat makam syekh tarika yang bertebaran. Setiap kota, ke makam itu lah umat islam pergi dan meminta pertolongan dari syekh, syekeh atau wali yang telah meninggal dunia di pandang orang yang berkuasa. Perbuatan ini merupakan paham Wahabiah termasuk syirik karena permohonan tersebut tidak di paham lagi dipanjatan kepada Allha SWT.Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila Muhammad bin Abdul Wahab memutuskan perhatiannya pada persoalan ini. Ia memiliki pokok pemikiran sebagai berikut.
- Yang harus di sembah hanyalah Allah SWT. Dan orang yang menyembah selain dari-Nya telah diinyatakan musyrik.
- Kebanyakan orang islam bukan lagi penganut paham tauhid yang sebenarnya karena mereka meminta pertolongan bukann lagi kepada Allah, melainkan dari syekeh. Orang islam yang berperilaku demikian dinyatakan musyrik
- Menyebut nama nabi,syekeh,atau malaikat sebagai pengantar dalam doa juga dikatakan sebagai syirik.
- Meminta syafaat selain kepada Allah adalah juga merupakan syirik
- Benazar kepada selain dari Allah juga perbuatan syirik
- Memperoleh pengetahuan selain Al Quran, hadis, dan kias merupakan ke kufuran
- Tidak percaya kepada kada dan kadar Allah merupakan kekufuran
- Menafsirkan Al Quran dengan takwil atau interpretasi bebas juga termasuk kekufuran.
- Untuk mengembalikan kemurnian tauhid tersebut, makam-makam yang banyak dikunjungi dengan tujuan mencari syafaat, keberuntungan, dan lain-lain sehingga membawa kepada paham syirik. Pemikiran-pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab yang mempunyai pengaruh pada perkembangan pemikiran pembaruan di abad ke-19 adalah sebagai berikut:
- Hanya Al Qurandan hadis yang merupakan sumber asli ajaran-ajaran islam. Pendapat ulama bukanlah merupakan sumber.
- Taklid kepada ulama tidak dibenarkan
- Pintu ijtihad senantiasa terbuka dan tidak tertutup.
- Muhammad bin Abdul Wahab merupakan pemimpin yang aktif berusaha mewujudkan pemikirannya. Pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab juga di kembangkan di indonesia yang awalnya di bawa oleh haji asal minangkabau, yaitu Haji Miskin, Haji Piobang, Haji Sumanik.
2. Perkembangan Politik
Terdapat dua agenda pemburuan dalam masyarakat islam tentang
perkembangan politik yaitu:
a. Persoalan Internasional Politik Islam
Jamaluddin AL Afgani merupakan tokoh utama penggagas
internasionalisme. Islam secara politik. Menurut Al Afgani, umat islam harus
menyatukan barisan dan kekuatannya dalam satu bentuk Pan-Islamisme. Halini
menjadi sangat penting untuk membentengi diri umat Islam dari dominasi
penjajahan Barat. Konsep nasionalisme, yang membuat umat islam terpecah-pecah
dan terkotak-kotak dalam sekian banyak notion-state, tidak akan konduktif dan
tidak dapat diharapkan untuk menghadapi dominasi Barat tersebut.
b. Persoalan Hubungan Agama dengan Konsep Negara dalam Islam
Respon umat islam terhadap masalah ini muncul dalam tiga
bentuk, respon kalangan modermis, revivalis, dan sekularis. Menurut kalangan
revivalis, bentuk negara islam harus di kembalikan ke dalam bentuk pengalaman
awal sejarah umat islam . Menurut tokohnyo, Abul A’la Al Mududin, kedalutan
tertinggi dalam islam adalah Tuhan,Oleh karena itu, Al Quran haruslah menjadi
konstituti dasar suatu negara islam.
Bagi kalangan Modernis, Bentuk Negara islam di serahkan
sepenuhnya kepada kebutuhan zamannya masing-masing, Yang terpenting adalah
bahawa pengelolahan politiknya harus mempunyai landasan etik Islam yang kuat.Yang
paling kontrovesial adalah kalangan sekularis. Berawal dengan menjelaskan sifat
kepemimpinan Nabi, Ali Abdurraziq sampai pada kesimpulan bahwa islam tidak
mengatur masalah –masalah kenegaraan, tidak memerintahkan, dan juga tidak
melarangnya. Hal ini tampak dalam kepemimpinan Nabi yang murni bersifat
keagamaan. Muhammad dalam pandangan Ali Abdurraziq, menyerahkan sepenuhnya masalah
kenegaraan kepada umat islam secara rasional dan berdasarkan pengalaman
historisnya masing-masing untuk mengatur, mengelola, dan memformat negaranya.
3. Perkembangan Ekonomi
Perekonomian penduduk yang merupakan syarat utama bagi
kelangsungan hidup dan hal ini disadari oleh Kerajaan Usmani sebagai negara
yang mengalami awal masa pembaruan. Maka dalam hal perekonomian, Kerajaan
Usmani melakukan hal-hal berikut:
- Pada periode pertama, Usmani bertujuan menguasai beberapa jalur perdagangan dan beberapa sumner produktif.
- Berbagai produk dari Irian, Teluk Persia, dan, Laut Merah membantu dalam menjadikan Usmani sebagai pusat perdagangan yang makmur.
- Beberapa rute haji mengantar warga dari berbagai wilayah Kerajaan Usmani ke Mekah dan Madinah. Mekah merupakan sebuah kota pusat perdagangan rempah-rempah, mutiara, lada, dan kopi.
- Penyediaan sarana kendaraan haji di Damaskus, Koiro, dan Bagdad menjadi kegiatan bisnis yang penting.
- Dalam rentangan abad 15 dan 16, Basrah menjadi pusat perdagangan terbesar di Anotolia serta berbagai dermaga terbesar dalam pertukaran barang –barang.
- Kota Istambul di bangun dengan merekontruksi beberapa institusi publik seperti sekolah, rumah sakit, tempat pemandian umum, dan tempat pengapdian.
- Pada abad 17 dan 18, berlangsung perubahan situasi yang sangat menonjol dalam sistem kerajaan Usmani, artinya terjadi pula pecahnya peperangan yang berkepanjangan antara petinggi pusat dan petinggi lokal untuk memperebutkan kekuasaan terhadap pendapatan atas pajak produksi penduduk.
4. Perkembangan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
Beberapa tokoh yang terkenal dalam dunia ilmu pengetahuan
atau pemikiran islam tersebut antara lain sebagai berikut:
a. Jamaluddin Al Afgani (Iran Turki 9 Maret 1897)
Salah satu sumbangan terpenting di dunia islam diberikan oleh
Sayid Jamaluddin Al Afgani. Gagasan mengilhami kaum muslim di turki, iran,
mesir, dan india.
b. Muhammad Abduh (Mesir 1849-1905) dan Muhammad Rasyid Rida
Guru dan murid tersebut sempat mengunjungi beberapa negara
Eropa dan terkesan dengan pengalaman mereka di sana. Rasyid Rida mendapat
pendidikan islam tradisional dan mengguasai bangsa asing.
c. Toha Husein (Mesir Selatan 1889-1973)
Toha Husein adalah seorang sejarawan dan filsuf yang amat
mendukung gagasan Muhammad Ali Pasya. Ia merupakan seseorang pendukung
modernisme yang gigih.
d. Sayid Qutub (Mesir 1906-1966)dan Yusuf Al Qardawi
Al Qardawi menekankan perbedaan modernisasi dan pembaratan.
Jika modernisasi yang dimaksud bukan berarti upaya pembaratan dan memiliki
batasan pada pemanfaatan ilmu pengetahuan modern serta peneratan teknologinya,
maka Islam tidak menolaknya, bahkan mendukungnya.
e. Sir Sayid Ahmad Khan (India 1817-1898)
Sir Sayid Ahmad Khan adalah pemikir yang menyerukan
saintifikasi masyarakat muslim. Seprti halnya Al Afgani, ia menyerukan kaum
muslim untuk meraih ilmu pengetahuan moderen. Akan tetapi, berbeda dengan Al
afgani, ia melihat adanya kekuatan yang membebaskan dalam ilmu pengetahuan dan
teknologi moderen.
f. Sir Muhammad Iqbal (Punjab 1873-1938)
Generasi awal abad ke-2 adalah Sir Muhammad Iqbal yang
merupakan salah seorang muslim pertama dfi anak benua india yang sempat
mendalami pemikiran Barat moderen dan mempunyai latar belakang pendidikan yang
bercorak tradisional intelektual islam.
5. Perkembangan Seni
dan Budaya
Hal yang dapat di pelajari di berbagai negara islam atau
negara yang berpenduduk mayoritas umat islam adalah:
a. Arsitektur
Arsitektur ada yang berfungsi melayani keagamaan, seperti
masjid, makam, madrasa dan adapula yang berfungsi melayani kepentingan sekunder,
seperti istana, benteng, jalan-jalan raya, karava serai.Di bidang perhotelan
telah di bangun hotel-hotel mewah bertaraf internasional antara lain :
- Masjidil Haram artinya masjid yang di hormati atau dimuliakan. M asjid ini berbentuk empat persegi terletak di tengah-tengah kota mekah, Masjid ini merupakan masjid tertua di dunia.
- Masjid Nabawi adalah Masjid yang megah dan indah serta sangat luas.Masjid Nabawi bertahmbah megah dan indah dengan adanya sepuluh buah manara yang menjulang tinggi, 95 buah pintu yang lebar dan indah, dan juga kubah masjid yang dapat terbuka dan tertutup.
- Sekarang ini Tehera merupakan salah satu kota terbesar di Asia. Bangunan arsitektur peninggalan Dinasti Qatar yaitu:
- Istana Niavarand, tempat kediaman Syah Muhammad Reza Pahlepi dan keluarganya
- Pengkuburan Behesyyti Zahara, Pekuburan ini tempat dimakamkah puluhan ribu pahlawan Revolusi islam.
b. Sastra
Pada masa pembaharuan telah bermunculan para sastrawan yang
berkarya sastranya bersifat islami di berbagai negara, misalnya
- Seorang sastrawan dan pemikir besar, menjelang abad ke-20 telah lahir di Pskitan (1877-1938)yang bernama Muhammad Iqbal, ia telah mengungkapakan filsafat tentang puisi menggunakan bahasa Urdu dan Persi.
- Mustafa Lutfi Al-Manfaluti (1876-1926) seorang sastrawan dan ulama Al Azhar
- Dr. Muhammad Husain Haekal (1888-1956) pengarang yang telah menulis Hayatu Muhammmad
- Jamil Sidiq Az-Zahawi (1863-1936)seorang perintis sajak moderen dan seorang penyair tua
- Abdus Salam Al-Ujaili (Lahir 1918)Seorang sastrawan di Suriah dan juga seorang dokter medis
- Aisyah Abdurrahman seorang dokter dalam sastra klasik
c.Kligrafi
Kata Kaligrafi berasal dari Bahasa Yunani: Kaligrafia atau
kaligraphos. Kallos berarti indah gropho berarti tulisan.jadi kaligrafi berarti
indah yang mempunyai nilai estetis.Perhatian umat islam indonesia terhadap seni
kaligrafi cukup bagus. Hal ini ini di tandai antara lain
- Diadakan pameran lukisan kaligrafi nasional
- Di selengarakannya Mussabaqah khaaf indah Al-Quran dalam setiap MTQ.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Mengambil hikmah dari Peristiwa Perkembangan Islam pada masa modern diantaranya ;
1. Pemerintah yang baik adalah pemerintah yang tidak
bersifat otoriter. Pemerintahan yang memiliki nilai Islami adalah yang
memerhatikan kesejahteraan rakyat dan kemajuan ilmu pengetahuan .
2. Ilmu bagi umat Islam adalah harta yang paling berharga
. Oleh karena itu , umat Islam harus memiliki dan mencarinya .
3.Kebaikan tidak hanya dimiliki kaum muslimin . bangsa –
bangsa Eropa yang kebanyakan nonmuslim pun memilikinya . Untuk itu , umat Islam
tidak boleh menutup mata untuk belajar dari bangsa Eropa . Syaratnya , ambil
yang baik dan buang yang tidak baik
4.Umat Islam sekarang harus belajar banyak dari tokoh –
tokoh pembaru yang berusaha menyadarkan umat Islam dari kemundurannya .
5. Jalani agama sesuai dengan Alquran dan Hadits.
6. Sejarah di kemukakan dalam Al Quran sebagai kisah
atau peristiwa yang dialamiumatmanusia di masa lalu.
7. Pelajaran yang dapat diambil dari sejarah dapat
menjadi pilihan ketika mengambil sikap
0 komentar